TUGAS 6
Tugas 6
Sabtu 21, April
2018
Nama : Nurul Hikni
Nim : E1B017048
Email : nurulhikni884@gmail.com
Blog : nurulhikni1717.blogspot.com
KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN PSIKOFISIK PESERTA DIDIK DI
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH
Penegertian perkembangan psikofisik
Perkembangan ialah proses perubahan
kualitatif yang mengacu pada mata fungsi organ-organ jasmaniah itu sendiri .
a.
Perkembangan
fisik dan motorik
Perkembangan fisik akan berlanjut terus hingga manusia mengahiri
hayatnya. Dalam arti walaupun masa kematangan sudah berhenti namun perkembangan
akan terus berlanjut seperti tubuh yang kurus menjadi gemuk. Perkembangan
motorik merupakan proses perkembangan yang progresif dan berhubungan dengan
perolehn anekaragam keterampilan fisik anak (motor skills).
b.
Kongnitif
Merupakan perkembangan fungsi
intelektual atau proses perkembangan kemampuan atau kecerdasan otak anak.
Menurut Bloom (1956) tujuan domain kognitif terdiri atas enam bagian :
a.
Pengetahuan(knowledge)
mengacu kepada kemampuan menegnal materi yang sudah dipelajari dari yang
sederhana sampai pada teori-teori yang sukar.
b.
Pemahaman(comprehension)
kemampuan memahami makana materi.
c.
Penerapan
(application) kemampuan menggunakan atau menerapkan materi yang sudah di
pelajari pada situasi yang baru yang menyangkut penggunaan aturan dan prinsip.
d.
Analisis(analysis)
menguraikan materi kedalam komponen komponen atau faktor-faktor penyebabnya dan
mampu memahami hubungan diantara bagian yang satu dengan yang lainya.
e.
Sintesa(evaluation)memadukan
konsep atau komponen sehingga membentuk suatu
c.
Bahasa
Pola Bahasa yang dimiliki dan dikuasai anak adalah Bahasa yang
berkembang di dalam keluarga, yang disebut Bahasa ibu. Pengaruh pergaulan
dengan teman sebaya menyebabkan Bahasa remaja lebih diwarnai oleh pola bahasa
pergaulan yang berkembang di dalam kelompok masyarakat yang bentuknya amat
khusus.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
bahasa yaitu :
1.
Faktor
umum
2.
Faktor
kondisi lingkungan
3.
Faktor
kecerdasan
4.
Status
sosial ekonomi keluarga
5.
Faktor
kondisi fisik.
d.
Perkembangan
Sosioemosional
Yakni hubungan dua makna yaitu berarti hubungan dengan orang sekitar dan
emosi berarti berhubungan dengan kejiwaan yang diekspresikan melalui tawa,
senyum , dan kemarahan. Hubungan sosial adalah cara-cara individu beraksi
terhadap dirinya. Emosi sendiri artinya reaksi atau perasaan yang intens
terhadap seseorang atau sesuatu kejadian. Sedangkan
Emosi pada diri individu berperan penting
dalam penciptaan keperibadian dan perjalanan kehidupan seseorang manusia.
Perkembangan Sosioemosional merupakan
hubungan antara kehidupan sosial seorang individu dengan sifat emosinya manusia
tumbuh dan berkembang dalam lingkungan.
Lingkungan sosial inilah nantinya akan
membentuk perkembangan sosioemosional seorang individu. Sosioemosional seorang
remaja sangat bergantung pada bagaimana perkembangan sosioemosional mereka
ketika masa kanak-kanak bila mereka mampu bersosialisasi dengan baik maka
sosioemosional akan baik pula.
e.
Moral
dan Religi(Agama)
Nilai-nilai moral itu seperti seruan atau perintah untuk berbuat baik
kepada orang lain memelihara ketertiban dan keamanan kebersihan dan lain
sebagainya yang berbaur kebaikan.
Seseorang dapat dikatakan bermoral apabila
tingkah laku orang tersebut sesuai dengan moral yang di junjung tinggi oleh
kelompok sosial . dan
Religi atau agama merupakan kebutuhan
remaja akan Allah kadang-kadang tidak terasa ketika remaja dalam keadaan
tenang,Aman, dan tentram.
Sebaliknya Allah sangat dibutuhkan apabila
remaja dalam keadaan gelisah ketika ada ancaman takut akan kegelapan merasa
berdosa agar tidak terjerumus kelembah kesesatan.
Karena masa remaja itu menjadi sasaran oknum-oknum
yang tidak bertanggung jawab atas bimbingan setan untuk melakukan yang dilarang
Allah , dengan mengedar narkoba dikalangan remaja , atau memberi contoh yang
tidak baik seperti meminum-minuman keras, melakukan tindakan kriminal sehingga
remaja tersebut ikut serta dalam melakaukan hal-hal negative tersebut maka
disinilah pentingnya bimbingan masalah keagamaan yang mendalam untuk masa
remaja memberitahu mana yang di larang Allah dan di perintah Allah agar mereka
mampu memilih mana yang positif untuk di kerjakan dan hal negative untuk
ditinggalkan.
Komentar
Posting Komentar