TUGAS 6


Tugas 6
Sabtu 21, April 2018


                                                                      Nama       : Nurul Hikni
                                                                      Nim          : E1B017048
                                                                      Email       : nurulhikni884@gmail.com
                                                                      Blog         : nurulhikni1717.blogspot.com



KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN PSIKOFISIK PESERTA DIDIK DI TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH

Penegertian perkembangan psikofisik
Perkembangan ialah proses perubahan kualitatif yang mengacu pada mata fungsi organ-organ jasmaniah itu sendiri .
a.       Perkembangan fisik dan motorik
       Perkembangan fisik akan berlanjut terus hingga manusia mengahiri hayatnya. Dalam arti walaupun masa kematangan sudah berhenti namun perkembangan akan terus berlanjut seperti tubuh yang kurus menjadi gemuk. Perkembangan motorik merupakan proses perkembangan yang progresif dan berhubungan dengan perolehn anekaragam keterampilan fisik anak (motor skills).
b.      Kongnitif
             Merupakan perkembangan fungsi intelektual atau proses perkembangan kemampuan atau kecerdasan otak anak. Menurut Bloom (1956) tujuan domain kognitif terdiri atas enam bagian :
a.       Pengetahuan(knowledge) mengacu kepada kemampuan menegnal materi yang sudah dipelajari dari yang sederhana sampai pada teori-teori yang sukar.
b.      Pemahaman(comprehension) kemampuan memahami makana materi.
c.       Penerapan (application) kemampuan menggunakan atau menerapkan materi yang sudah di pelajari pada situasi yang baru yang menyangkut penggunaan aturan dan prinsip.
d.      Analisis(analysis) menguraikan materi kedalam komponen komponen atau faktor-faktor penyebabnya dan mampu memahami hubungan diantara bagian yang satu dengan yang lainya.
e.       Sintesa(evaluation)memadukan konsep atau komponen sehingga membentuk suatu  
c.       Bahasa
            Pola Bahasa yang dimiliki dan dikuasai anak adalah Bahasa yang berkembang di dalam keluarga, yang disebut Bahasa ibu. Pengaruh pergaulan dengan teman sebaya menyebabkan Bahasa remaja lebih diwarnai oleh pola bahasa pergaulan yang berkembang di dalam kelompok masyarakat yang bentuknya amat khusus.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa yaitu :
1.      Faktor umum
2.      Faktor kondisi lingkungan
3.      Faktor kecerdasan
4.      Status sosial ekonomi keluarga
5.      Faktor kondisi fisik.
d.      Perkembangan Sosioemosional
        Yakni hubungan dua makna yaitu berarti hubungan dengan orang sekitar dan emosi berarti berhubungan dengan kejiwaan yang diekspresikan melalui tawa, senyum , dan kemarahan. Hubungan sosial adalah cara-cara individu beraksi terhadap dirinya. Emosi sendiri artinya reaksi atau perasaan yang intens terhadap seseorang atau sesuatu kejadian. Sedangkan
Emosi pada diri individu berperan penting dalam penciptaan keperibadian dan perjalanan kehidupan seseorang manusia.
Perkembangan Sosioemosional merupakan hubungan antara kehidupan sosial seorang individu dengan sifat emosinya manusia tumbuh dan berkembang dalam lingkungan.
Lingkungan sosial inilah nantinya akan membentuk perkembangan sosioemosional seorang individu. Sosioemosional seorang remaja sangat bergantung pada bagaimana perkembangan sosioemosional mereka ketika masa kanak-kanak bila mereka mampu bersosialisasi dengan baik maka sosioemosional akan baik pula.
e.       Moral dan Religi(Agama)
      Nilai-nilai moral itu seperti seruan atau perintah untuk berbuat baik kepada orang lain memelihara ketertiban dan keamanan kebersihan dan lain sebagainya yang berbaur kebaikan.
Seseorang dapat dikatakan bermoral apabila tingkah laku orang tersebut sesuai dengan moral yang di junjung tinggi oleh kelompok sosial . dan
Religi atau agama merupakan kebutuhan remaja akan Allah kadang-kadang tidak terasa ketika remaja dalam keadaan tenang,Aman, dan tentram.
Sebaliknya Allah sangat dibutuhkan apabila remaja dalam keadaan gelisah ketika ada ancaman takut akan kegelapan merasa berdosa agar tidak terjerumus kelembah kesesatan.
Karena masa remaja itu menjadi sasaran oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab atas bimbingan setan untuk melakukan yang dilarang Allah , dengan mengedar narkoba dikalangan remaja , atau memberi contoh yang tidak baik seperti meminum-minuman keras, melakukan tindakan kriminal sehingga remaja tersebut ikut serta dalam melakaukan hal-hal negative tersebut maka disinilah pentingnya bimbingan masalah keagamaan yang mendalam untuk masa remaja memberitahu mana yang di larang Allah dan di perintah Allah agar mereka mampu memilih mana yang positif untuk di kerjakan dan hal negative untuk ditinggalkan.




















































Komentar

Postingan populer dari blog ini

perkembangan fisik, perkembangan intelektual, perkembangan Emosi, perkembangan sosial dan moral pada anak Sekolah Dasar

Faktor faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik dalam stuan pendidikan sekolah dasar