perkembangan fisik, perkembangan intelektual, perkembangan Emosi, perkembangan sosial dan moral pada anak Sekolah Dasar
Tugas 7
Sabtu 5,Mei 2018
Nama :NurulHikni
Nim :
E1B017048
Email :nurulhikni884@gmail.com
Blog :nurulhikni1717.blogspot.com
PERKEMBANGAN FISIK, PERKEMBANGAN INTELEKTUAL,PERKEMBANGAN
EMOSI PERKEMBANGAN SOSIAL DAN MORAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR
1.PerkembanganFisik
Pada usia anak sekolah dasar, pertumbuhan dan perkembangan
fisik berlangsung secara optimal. Pertumbuhanfisikanakusiasekolahdasarakanmenimbulkankarakteristikjugapolapenyesuaindirimerekaterhadap
lingkungan. Selanjutnya perkembangan fisik mencakup aspek – aspek :tinggi dan berat
badan, proporsi dan bentuk tubuh, otak dan perkembangan motorik. Maka kita akan
membahasnya satu persatu.
a)Tinggi dan Berat Badan
Bagian anggota badan relative pendek dan kepala relative besar. Tinggi badan seorang anak relative kisaran 5
hingga 6 % dan berat bertambah 10 %.Jadi, pada usia anak sekolah dasar perubahan
berat badan lebih banyak dari pada tinggi badan. Karena ada penambahan ukuran dalam
kerangka tulang belulang, system otot dan organ lainnya.
b) Bentuk Tubuh
Pada anak usia sekolah dasar masih mengalami belum seimbangnya
bentuk tubuh. Seringkali kepala mereka lebih besar dibandingkan kaki.Tapi bentuk
tubuh akan mulai keliatan perubahanya ketika akan beranjak usia 6-7 tahun
c)Otak.
Perkembangan pada otak anak akan sangat cepat. Karena pada
usia ini anak sangat cepat menangkap atau mengingat apa yang didengar oleh telinganya.
2.Perkembanganintelektual
Perkembanganintelektualpadausiaanaksekolahdasarmerupakanwaktupadaanakdapatataubisaberpikirlogikmengenaisegalassesuatu.
Merekasudahbisabekerjadenganangkaangka,
mengetauhikonsep-konsepruangdanwaktudanmampumembedakanhal-hal yang
bersifatnyatadanfantasi.
3. Perkembangan Emosi
Masa ini pada umumnya anak Sekolah
Dasar mulai mengalami ketidak senangan berdifereensiasi di dalam rasa malu
,cemas, dan keceewa. Sedangkan kesenangna berdiferensiasi kedalam harapan dan
kasih orang. Oleh larena itu tidak heran kalau terdapat siswa siswi membenci
atau menyenangi guru atau bidang studi tertentu.
Gejala seperti takut, cemas
marah sedih iri cemburu senang kasih sayang simpati merupakan beberapa proses
manifestari dari keadaan emosional pada diri seseorang.
4.Perkembangan sosialdan Moral
a.Sosial ialah Interaksi dengan teman di sekolah dan lingkungan sekitar cenderung membawa
seorang anak menjadi lebih banyak berinteraksi dengan anak lain yang berusia seumuran
denganya.
b.Moral disini sudah mampu membedakan mana yang salah danbenar
atau mana yang baik dan tidak bagi dirinya.
5.implikasi pada pendidikan(peran guru untuk membimbing siswa
SD/MI)
Pendidikan adalah suatu
proses dalam rangka mempengaruhi siswa
agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dengan demikian
akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk berfungsi secara
kuat dalam kehidupan masyarakat Pendidikan juga diartikan sebagai upaya manusia
secara historis turun-temurun, yang merasa dirinya terpanggil untuk mencari kebenaran
atau kesempurnaan hidup. Maka guru berperan penting untuk
membentuk karakter baik pada anak didik tersebut.
Komentar
Posting Komentar