perkembangan fisik, perkembangan intelektual, perkembangan Emosi, perkembangan sosial dan moral pada anak Sekolah Dasar


Tugas 7
Sabtu 5,Mei 2018
Nama :NurulHikni
Nim : E1B017048
 Blog :nurulhikni1717.blogspot.com
PERKEMBANGAN FISIK, PERKEMBANGAN INTELEKTUAL,PERKEMBANGAN EMOSI PERKEMBANGAN SOSIAL DAN MORAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR
1.PerkembanganFisik
Pada usia anak sekolah dasar, pertumbuhan dan perkembangan fisik berlangsung secara optimal. Pertumbuhanfisikanakusiasekolahdasarakanmenimbulkankarakteristikjugapolapenyesuaindirimerekaterhadap lingkungan. Selanjutnya perkembangan fisik mencakup aspek – aspek :tinggi dan berat badan, proporsi dan bentuk tubuh, otak dan perkembangan motorik. Maka kita akan membahasnya satu persatu.
a)Tinggi dan Berat Badan
Bagian anggota badan relative pendek dan kepala relative besar.  Tinggi badan seorang anak relative kisaran 5 hingga 6 % dan berat bertambah 10 %.Jadi, pada usia anak sekolah dasar perubahan berat badan lebih banyak dari pada tinggi badan. Karena ada penambahan ukuran dalam kerangka tulang belulang, system otot dan organ lainnya.
b) Bentuk Tubuh
Pada anak usia sekolah dasar masih mengalami belum seimbangnya bentuk tubuh. Seringkali kepala mereka lebih besar dibandingkan kaki.Tapi bentuk tubuh akan mulai keliatan perubahanya ketika akan beranjak usia 6-7 tahun
c)Otak.
Perkembangan pada otak anak akan sangat cepat. Karena pada usia ini anak sangat cepat menangkap atau mengingat apa yang didengar oleh telinganya. 
2.Perkembanganintelektual
Perkembanganintelektualpadausiaanaksekolahdasarmerupakanwaktupadaanakdapatataubisaberpikirlogikmengenaisegalassesuatu. Merekasudahbisabekerjadenganangkaangka, mengetauhikonsep-konsepruangdanwaktudanmampumembedakanhal-hal yang bersifatnyatadanfantasi.
3. Perkembangan Emosi
          Masa ini pada umumnya anak Sekolah Dasar mulai mengalami ketidak senangan berdifereensiasi di dalam rasa malu ,cemas, dan keceewa. Sedangkan kesenangna berdiferensiasi kedalam harapan dan kasih orang. Oleh larena itu tidak heran kalau terdapat siswa siswi membenci atau menyenangi guru atau bidang studi tertentu.
Gejala seperti takut, cemas marah sedih iri cemburu senang kasih sayang simpati merupakan beberapa proses manifestari dari keadaan emosional pada diri seseorang.
         
4.Perkembangan sosialdan Moral
a.Sosial ialah Interaksi dengan teman di  sekolah dan lingkungan sekitar cenderung membawa seorang anak menjadi lebih banyak berinteraksi dengan anak lain yang berusia seumuran denganya.
b.Moral disini sudah mampu membedakan mana yang salah danbenar atau mana yang baik dan tidak bagi dirinya.
5.implikasi pada pendidikan(peran guru untuk membimbing siswa SD/MI) 
Pendidikan  adalah suatu  proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk berfungsi secara kuat dalam kehidupan masyarakat Pendidikan juga diartikan sebagai upaya manusia secara historis turun-temurun, yang  merasa dirinya terpanggil untuk mencari kebenaran atau kesempurnaan hidup. Maka guru berperan penting untuk membentuk karakter baik pada anak didik tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik dalam stuan pendidikan sekolah dasar