Faktor faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik dalam stuan pendidikan sekolah dasar



Tugas 3
Kamis 29/maret 2018

Nama : Nurul Hikni
Nim : E1B017048
Alamat email : nurulhikni884@gmail.com
No. Hp : 081907816711





















































A.       Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik

Peserta didik memiliki keunikan atau kekhasan sendiri baik dalam setiap gejala jiwa yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang terlihat dalam kemampuan berfikir, merasakan sesuatu, serta sikap dan perilakunya sehari-hari. Dalam melihat dan menyikapi perbedaan tersebut, hendaknya pendidik menyadari bahwa tidak semua individu dapat diperlakukan dengan cara yang selalu sama. Masing-masing individu memiliki kekhasan sendiri, sehingga pendekatan yang sifatnya personal maupun institusional tentu berbeda.
       faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan individu adalah sebagai berikut:

1.      Faktor Internal
a.    Faktor Genetika (hereditas)

Gen adalaah substansi/materi pembawa sifat yang diturunkan dari induk. Gen mempengaruhi ciri dan sifat mahluk hidup, misalnya bentuk tubuh, tingga tubuh, warna kulit, dan sebagainya. Gen juga menentukan kemampuan metabolisme mahluk hidup, sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.
Hereditas merupakan “totalitas karakeristik individu yang diwariskan orang tua kepada anak, atau segala potensi baik fisik maupun psikis yang dimiliki individu sejak masa konsepsi sebagai pewarisan dari pihak orang tua melalui gen-gen.

b.   Faktor Fisiologis
Faktor-faktor fisiologis adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu. Factor fisiologis yang mempengaruhi perkembangan peserta didik diantaranya adalah:
1)   Tubuh dan warna kulit.
2)   Faktor Gizi atau Asupan Makanan
3)   Cacat dan penyakit
Cacat atau penyakit banyak disebabkan oleh beberapa hal yaitu :
a)    Pengaruh genetik
b)   Ibu yang kurang gizi pada saat mengandung.
c)    Obat-obatan dan alkohol.
d)   Radiasi
e)    Penyakit yang diderita Ibu selama kehamilan
f)    Keadaan Emosi pada Ibu saat hamil.

c.    Faktor Psikologis.
Kondisi fisik dan psikis individu sangat berkaitan. Kondisi fisik yang tidak sempurna atau cacat juga berkaitan dengan persepsi individu terhadap kemampuan dirinya. Begitupun dengan ketidakmampuan intelektual yang diulas sebelumnya dapat disebabkan karena kerusakan sistem syaraf , kerusakan otak atau mengalami retardasi mental.
Bebera­pa faktor psikologis yang utama mempengaruhi proses perkembangan siswa, hormone, intelegensi, motivasi, sikap, dan bakat.
1)   Hormon
Hormon merupakan zat yang berfungsi mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh. Meskipun kadarnya sedikit, hormone memberikan pengaruh yang nyata dalam pengaturan berbagai proses dalam tubuh. Hormone akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada mahluk hidup beragam jenisnya.
2)   Kecerdasan/inteligensi siswa
Pada umumnya kecerdasan diartikan sebagai kemampu­an psiko-fisik dalam mereaksi rangsangan atau menyesuaikan diri dengan lingkungan melalui cara yang tepat. Dengan demikian, kecerdasan bukan hanya berkaitan dengan kualitas otak saja, tetapi juga organ-organ tubuh yang lain..
3)   Seks
4)   Motivasi
Motivasi adalah salah satu faktor yang memengaruhi keefektifan kegiatan belajar siswa. Motivasilah yang mendo­rong siswa inginn melakukan kegiatan belajar.
5)   Sikap
Dalam proses belajar, sikap individu dapat memeng­aruhi keberhasilan proses belajarnya. Sikap adalah gejala internal yang berdimensi afektif berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespons dengan cara yang relatif tetap terhadap objek, orang, peristiwa dan sebagainya, baik secara positif maupun negatif (Sutirna, 2003).
6)   Bakat
Faktor psikologis lain yang memengaruhi proses perkembangan adalah bakat. Secara umum, bakat (aptitude) didefinisikan sebagai kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk mencapai keberhasilan pada masa yang akan datang (Sutirna, 2013).

2.    Faktor Eksternal
Faktor eksternal merupakan hal – hal yang datang atau ada di luar diri siswa/peserta didik yang meliputi lingkungan (khususnya pendidikan) dan pengalaman berinteraksi siswa tersebut dengan lingkungan. faktor eksternal yang memengaruhi perkembangan dapat digolongkan menjadi 7 macam yaitu: faktor biologis, physis, ekonomis, cultural, edukatif, religious dan lingkungan.
a.    Faktor Biologis
b.    Faktor Physis
c.    Faktor Ekonomis/Status Sosial Ekonomi
manya sendiri.
d.   Faktor Cultural
e.    Faktor Edukatif
Pendidikan merupakan proses sosialisasi anak yang mempunyai pengaruh terhadap perkembangan anak manusia terarah. Hakikat pendidikan sebagai proses pengoperasian ilmu yang normatif, yang memberikan warna kehidupan sosial anak di dalam masyarakat dan kehidupan mereka di masa yang akan datang. Pendidikan dalam arti luas harus diartikan bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh kehidupan keluarga, masyarakat, dan kelembagaan
f.     Faktor Religious
agama merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dan berperan penting sebagai media kontrol dalam perkembangan peserta didik.
g.    Faktor Lingkungan
1)   Lingkungan sosial masyarakat. Kondisi lingkungan masya­rakat tempat tinggal siswa akan memengaruhi perkembangan anak..
2)   Lingkungan sosial keluarga. Lingkungan ini sangat memengaruhi kegiatan perkembangan belajar. 3)   Lingkungan sosial sekolah, seperti guru, administrasi, dan teman-teman sekelas dapat memengaruhi proses perkembangan belajar seorang siswa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

perkembangan fisik, perkembangan intelektual, perkembangan Emosi, perkembangan sosial dan moral pada anak Sekolah Dasar