Faktor faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik dalam stuan pendidikan sekolah dasar
Tugas 3
Kamis 29/maret 2018
Nama : Nurul Hikni
Nim : E1B017048
Alamat email : nurulhikni884@gmail.com
Alamat blog : nurulhikni1717.blogspot.com
No. Hp : 081907816711
A.
Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi
Perkembangan Peserta Didik
Peserta didik memiliki
keunikan atau kekhasan sendiri baik dalam setiap gejala jiwa yang meliputi
aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang terlihat dalam kemampuan
berfikir, merasakan sesuatu, serta sikap dan perilakunya sehari-hari. Dalam
melihat dan menyikapi perbedaan tersebut, hendaknya pendidik menyadari bahwa
tidak semua individu dapat diperlakukan dengan cara yang selalu sama.
Masing-masing individu memiliki kekhasan sendiri, sehingga pendekatan yang
sifatnya personal maupun institusional tentu berbeda.
faktor
yang dapat mempengaruhi perkembangan individu adalah sebagai berikut:
1. Faktor Internal
a. Faktor Genetika (hereditas)
Gen adalaah
substansi/materi pembawa sifat yang diturunkan dari induk. Gen mempengaruhi
ciri dan sifat mahluk hidup, misalnya bentuk tubuh, tingga tubuh, warna kulit,
dan sebagainya. Gen juga menentukan kemampuan metabolisme mahluk hidup,
sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.
Hereditas merupakan
“totalitas karakeristik individu yang diwariskan orang tua kepada anak, atau
segala potensi baik fisik maupun psikis yang dimiliki individu sejak masa
konsepsi sebagai pewarisan dari pihak orang tua melalui gen-gen.
b. Faktor Fisiologis
Faktor-faktor
fisiologis adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu.
Factor fisiologis yang mempengaruhi perkembangan peserta didik diantaranya
adalah:
1) Tubuh dan warna kulit.
2) Faktor Gizi atau
Asupan Makanan
3) Cacat dan penyakit
Cacat atau penyakit banyak disebabkan
oleh beberapa hal yaitu :
a) Pengaruh genetik
b) Ibu yang kurang gizi
pada saat mengandung.
c) Obat-obatan dan alkohol.
d) Radiasi
e) Penyakit yang diderita Ibu selama kehamilan
f) Keadaan Emosi pada Ibu saat hamil.
c. Faktor Psikologis.
Kondisi fisik dan psikis
individu sangat berkaitan. Kondisi fisik yang tidak sempurna atau cacat juga
berkaitan dengan persepsi individu terhadap kemampuan dirinya. Begitupun dengan
ketidakmampuan intelektual yang diulas sebelumnya dapat disebabkan karena
kerusakan sistem syaraf , kerusakan otak atau mengalami retardasi mental.
Beberapa faktor
psikologis yang utama mempengaruhi proses perkembangan siswa, hormone,
intelegensi, motivasi, sikap, dan bakat.
1) Hormon
Hormon merupakan zat yang berfungsi
mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh. Meskipun kadarnya sedikit,
hormone memberikan pengaruh yang nyata dalam pengaturan berbagai proses dalam
tubuh. Hormone akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada mahluk hidup
beragam jenisnya.
2) Kecerdasan/inteligensi
siswa
Pada umumnya kecerdasan diartikan
sebagai kemampuan psiko-fisik dalam mereaksi rangsangan atau menyesuaikan diri
dengan lingkungan melalui cara yang tepat. Dengan demikian, kecerdasan bukan
hanya berkaitan dengan kualitas otak saja, tetapi juga organ-organ tubuh yang
lain..
3) Seks
4) Motivasi
Motivasi adalah salah satu faktor yang
memengaruhi keefektifan kegiatan belajar siswa. Motivasilah yang mendorong
siswa inginn melakukan kegiatan belajar.
5) Sikap
Dalam proses belajar, sikap individu dapat
memengaruhi keberhasilan proses belajarnya. Sikap adalah gejala internal yang
berdimensi afektif berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespons dengan
cara yang relatif tetap terhadap objek, orang, peristiwa dan sebagainya, baik
secara positif maupun negatif (Sutirna, 2003).
6) Bakat
Faktor psikologis lain yang memengaruhi
proses perkembangan adalah bakat. Secara umum, bakat (aptitude) didefinisikan
sebagai kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk mencapai keberhasilan
pada masa yang akan datang (Sutirna, 2013).
2. Faktor Eksternal
Faktor eksternal
merupakan hal – hal yang datang atau ada di luar diri siswa/peserta didik yang
meliputi lingkungan (khususnya pendidikan) dan pengalaman berinteraksi siswa
tersebut dengan lingkungan. faktor eksternal yang memengaruhi perkembangan
dapat digolongkan menjadi 7 macam yaitu: faktor biologis,
physis, ekonomis, cultural, edukatif, religious dan lingkungan.
a. Faktor Biologis
b. Faktor Physis
c. Faktor Ekonomis/Status Sosial Ekonomi
manya sendiri.
d. Faktor Cultural
e. Faktor Edukatif
Pendidikan merupakan proses sosialisasi
anak yang mempunyai pengaruh terhadap perkembangan anak manusia terarah.
Hakikat pendidikan sebagai proses pengoperasian ilmu yang normatif, yang
memberikan warna kehidupan sosial anak di dalam masyarakat dan kehidupan mereka
di masa yang akan datang. Pendidikan dalam arti luas harus diartikan bahwa
perkembangan anak dipengaruhi oleh kehidupan keluarga, masyarakat, dan
kelembagaan
f. Faktor Religious
agama merupakan salah satu faktor yang
sangat berpengaruh dan berperan penting sebagai media kontrol dalam
perkembangan peserta didik.
g. Faktor Lingkungan
1) Lingkungan sosial
masyarakat. Kondisi lingkungan masyarakat tempat tinggal siswa akan
memengaruhi perkembangan anak..
2) Lingkungan sosial
keluarga. Lingkungan ini sangat memengaruhi
kegiatan perkembangan belajar. 3) Lingkungan sosial sekolah, seperti guru, administrasi, dan teman-teman
sekelas dapat memengaruhi proses perkembangan belajar seorang siswa.
Komentar
Posting Komentar