konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan peserta didik di satuan pendidikan sekolah menengah


Tugas 5
                            Sabtu ,14 april 2018
  
Nama : Nurul Hikni
Nim    : E1B017048
Blog   : nurulhikni1717
No.Hp: 081907816711

KONSEP DAN TUGAS PERKEMBANGAN BERDASARKAN TAHAPAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH.

Konsep tugas perkembangan merupakan suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu, yang apabila tugas itu dapat berhasil dituntaskan akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan pada diri masing-masing dalam menuntaskan tugas berikutnya, sementara apabila gagal maka akan menyebabkan ketidakbahagiaan pada diri individu yang bersangkutan, menimbulkan penolakan masyarakat dan kesulitan dalam menuntaskan tugas berikutnya. Tugas-Tugas Perkembangan Peserta Didik pada Usia Sekolah Menengah dalam Penyelenggaraan Pendidikan memperhatikan banyaknya faktor kehidupan yang berada di lingkungan remaja, agar mampu menciptakan solidaritas antar sesama.
                   Tugas-tugas Perkembangan Peserta Didik Di satuan Pendidikan Sekolah Menengah

1.     Memperoleh hubungan-hubungan baru dan lebih matang dengan yang sebaya dari keduajenis kelamin.dengan saling menjalin komunikasi dengan baik dan cenderung tidak gengsi dalam menegur teman sebayanya agar hubungan mereka tetap baik.
2.      Memperoleh peranan sosial dengan jenis kelamin individu. Memiliki sifat sosialisasi yang baik agar mampu memeproleh peranan sosial oleh masing-masing individu
3.       Menerima fisik dari dan menggunakan badan secara efektif. Menggunakan badan secara efektif dalam artian memanfaatkan dalam hal positif dan tidak merusak dengan obat obatan terlarang 
4.      Memperoleh kebebasan diri melepaskan ketergantungan diri dari orang tua dan orang dewasa lainnya. Mencoba hidup mandiri dengan tidak tergantung pada orang lain ketika melakukan sesuatu percaya pada diri sendiri dan tidak berganatung pada pendapat orang lain.
5.       Melakukan pemilihan dan persiapan untuk jabatan. Mempersiapkan mental untuk menjadi orang yang bertanggung jawab dan siap melaksakan apapun jenis tugas dan berdiri pada perinsp hidup.
6.      Memperoleh kebebasan ekonomi.
7.      Persiapan perkawinan dan kehidupan berkeluarga.ketika kita sudah menginjak masa dewasa sewajarnya mmikirkan masalah perkawinan atau membina rumah tangga kita harus siap untuk dibebani oleh yang akan jadi anggota keluarga kita dan harus mempersiapkan dengan matang pikiran dan perasaan jangan sampi mneikah karena tergesa gesa.
8.      Mengembangkan keterampilan intelektuai dan konsep-konsep yang diperlukan sebagai warga negara yang baik. Mengembangkan keterampilan atau skill kita untuk memajukan bangsa kita agar kita menjadi orang yang benar-benar berguna bagi bangsa dan negara jangan sampai kita termasuk kategori sampah masyarakat , sampah masyarakat sama artinya dengan sampah negara.
9.      Memupuk dan memperoleh perilaku yang dapat dipertanggung jawabkan secara sosial. Melakukan sesuatu dengan memikirkan terlebih dahulu agar kita bisa mempertanggung jawabkan dengan kemasyarakatan.
10 .  Memperoleh seperangkat nilai dan sistem etika sebagai pedoman berperilaku. Menjadi orang yang benar-benar mengikuti aturan dalam hidup untuk menciptakan karakter anak bangsa yang cerdas dengan didasari oleh sistem etika sebagai pedoman hidup.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

perkembangan fisik, perkembangan intelektual, perkembangan Emosi, perkembangan sosial dan moral pada anak Sekolah Dasar

Faktor faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik dalam stuan pendidikan sekolah dasar