Tugas 4
Hari/Tanggal: Sabtu,7 april 2018
PPKn Reguler Pagi B
Nama    : Nurul Hikni
Nim      : E1B017048
Alamat Email : nurulhikni884@gmail.com
Alamat blog : nurulhikni1717.blogspot.com
No. Hp : 081907816711

Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik  di tingkat SMA

.
Ada perubahan-perubahan yang bersifat universal pada masa remaja, yaitu meningginya emosi yang intensitasnya bergantung pada tingkat perubahan fisik dan psikis, perubahan tubuh, perubahan minat dan peran yang diharapkan oleh kelompok sosial tertentu untuk dimainkannya yang kemudian menimbulkan masalah, berubahnya minat, perilaku, dan nilai-nilai, bersikap mendua (ambivalen) terhadap perubahan..
  1. 1. Perkembangan Fisik
Pada usia anak SMA terjadi pertumbuhan fisik yang sangat pesat. Tidak hanya ppada anggota tubuh tertentu tetapi juga proporsi tubuh yang semakin besar. Pada perkembangan seksualitas anak SMA ditandai  dua ciri yaitu seks primer dan seks sekunder.
  1. Seks primer
Pada siswa laki-laki SMA ditandai dengan semakin besarnya ukuran testis, pembuluh mani dan kelenjar prostat semakin besar sehingga organ seks semakin matang (lebih matang dari anak SMP). Pada siswi SMA tumbuhnya rahim, vagina , dan ovarium yang semakin matang, hormon-hormon yang diperlukan dalam prooses kehamilan dan menstruasi semakin banyak.
  1. Seks sekunder
Pada siswa laki-laki SMA ditandai dengan tumbuhnya kumis, bulu disekitar kemaluan dan ketiak serta perubahan suara, semakin besarnya jakun. Pada siswa perempuan ditandai dengan tumbuhnya rambut pubik atau bulu  disekitar kemaluan dan ketiak, bertambah besarnya buah dada,bertambah besarnya pinggul
2.      Perkembangan Sosial
Pada usia anak  SMA terjadi perkembangan sosial yaitu kemampuan untuk memahami orang lain. Anak usia SMA memahami orang lain sebagai individu yang unik baik menyangkut sifat pribadi, minat nilai-nilai maupun perasaanya. Pemahaman ini mendorong mereka untuk menjalin hubungan sosial yang lebih akrab dengan orang lain (terutama teman sebaya), baik melalui jalinan persahabatan maupun percintaan.
Dalam hubungan persahabatan anak usia SMA memilih teman yang memiliki kualitas psikologis yang relatif sama dengan dirinya, baik menyangkut interest, sikap, nilai, dan kepribadian. Pada masa ini juga berkembang sikap  conformity yaitu kecenderungan untuk mengikutu opini, kebiasaan, dan keinginan orang lain (teman sebaya). Perkembangan sikap imi dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi dirinya.
Karakteristik penyesuaian anak usia SMA di tiga lingkungan adalah sebagai berikut:
  1. Lingkungan Keluarga
    1. Menjalin hubungan yang baik dengan anggota keluarga
    2. Menerima otoritas orang tua
    3. Menerima tanggung jawab dan batasan-batasaan keluarga
    4. Berusaha untuk membantu keluarga sebagai individu ataupun kelompok dalam mencapai tujuan
  1. Lingkungan Sekolah
    1. Bersikap respek dan mau menerima peratuaran sekolah
    2. Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
    3. Menjalin persahabatan dengan teman-teman di sekolah
    4. Bersikap hormat terhadap guru, pemimpin sekolah, dan staf  lainnya
    5. Membantu sekolah dalam merealisasikan tujuan-tujuannya

  1. Lingkungan Masyarakat
    1. Mengakui dan respek terhadap hak-hak orang lain
    2. Memelihara jalinan persahabatan dengan orang lain
    3. Bersikap simpati terhadap kesejahteraan orang lain
    4. Bersikap respek terhadap nilai-nilai, hukum, tradisi, dan kebijakan-kebijakan masyarakat
 3. Perkembangan aspek psikomotorik
Kemampuan psikomotorik ini berkaitan dengan keterampilan motorik yang berhubungan dengan anggota tubuh atau tindakan yang memerlukan koordinasi antara syaraf dan otak. Untuk jenjang Pendidikan SMA, mata pelajaran yang banyak berhubungan dengan ranah psikomotor adalah pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, seni budaya, fisika, kimia, biologi, dan keterampilan. Dengan kata lain, kegiatan belajar yang banyak berhubungan dengan ranah psikomotor adalah praktik di aula/lapangan dan praktikum di laboratorium

Komentar

Postingan populer dari blog ini

perkembangan fisik, perkembangan intelektual, perkembangan Emosi, perkembangan sosial dan moral pada anak Sekolah Dasar

Faktor faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik dalam stuan pendidikan sekolah dasar