Penbgertian prinsip,pendekatan, dan tahapan perkembangan peserta didik di satuan Sekolah menengah

TUGAS 2
Kamis/22 maret 2018







                                                                                  NAMA : NURUL HIKNI
                                                                                  NIM    :E1B017048
                                                                                  Alamat email : nurulhikni884@gmail.com
                                                                                  Alamat blog : nurulhikni1717.blogspot.com
                                                                                  No. Hp :081907816711































                                                                                  
PENGERTIAN, PRINSIP, PENDEKATAN DAN TAHAPAN PERKEMBAANGAN PESERTA DIDIK DI SATUAN SEKOLAH MENENGAH.
A .PENGERTIAN
perkembangan merupakan cabang psikologi yang mempelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang proses perkembangan individu dari mulai masa konsepsi sampai mati. Perkembangan yang terjadi pada sekolah menengah ssecara sistematis mempunyai arti bahwa perkembangan yang terjadi adalah perkembangan yang teratur atau tersistem. Sementara progresif mempunyai arti bahwa perubahan yang terjadi dalam perkembangan kearah yang lebih baik atau maju dan berkesinambungan.Perkembangan yang terjadi pada anak sekolah menengah akan lebih kreatif dan cenderung mencoba hal hal baru yang bersifat membangun skill yang belum dimiliki sebelumnya, mengembangkan ide ide dari pemikiran.
Menurut Marlow (1988) mendefinisikan perkembangan sebagai peningkatan keterampilan dan kapasitas anak untuk berfungsi secara bertahap dan terus menerus.
B .PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
– Perkembangan proses yang tidak pernah berhenti
– Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi
– perkembangan mengikuti pola dan arah tertentu dan terjadi dalam tempo berlainan
– Perkembangan terjadi dalam tempo berlainan
– Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas
– Setiap individu yang normal mengalami fase perkembangan
C.PENDEKATAN
Pendekatan belajar atau lingkungan
Perubahan tingkah lagu karena proses pengkondisian dan pembelajaran,
Skinner membagi dua
  1. Respondent Behavior : adanya tingkah laku karena reflek akibat adanya rangsangan dapat berupa respon fisik dan respon emosional.
  2. Operand Behavior : tingka laku sukarela krena dampak atau konsekuensi. Yang baik menyenangkan akan cenderung diulang dn yan tidak menyenangkan ditinggal.
. Pendekatan etologi
Tingkah laku muncul karena bawaan (genetis)
D.TAHAPAN PERKEMBANGAN
– Menghalami perubahan fisik dan psikis
– Perubahan proporsi fisik dan psikis
_ perubahan pola pikir
_perubahan cara pandang terhadap sesuatu
perkembangan masa remaja (Sekolah menengah)
Menurut Wiliam Kay
– Menerima fisiknya sendiri berikut keragaman kualitasnya
– Mencapai kemandirian emosional
Belajar bergaul secara individula dan kelompok (komunikasi minterpersonal)
– Menemukan idola
– Menerima keadaan dirinya dan percaya diri
– Memperkuat pengendalian diri
– Mampu meninggalkan sifat kekanak-kanakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

perkembangan fisik, perkembangan intelektual, perkembangan Emosi, perkembangan sosial dan moral pada anak Sekolah Dasar

Faktor faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik dalam stuan pendidikan sekolah dasar