Penbgertian prinsip,pendekatan, dan tahapan perkembangan peserta didik di satuan Sekolah menengah
TUGAS
2
Kamis/22 maret 2018
NAMA : NURUL
HIKNI
NIM :E1B017048
Alamat blog :
nurulhikni1717.blogspot.com
No. Hp
:081907816711
PENGERTIAN, PRINSIP, PENDEKATAN DAN
TAHAPAN PERKEMBAANGAN PESERTA DIDIK DI SATUAN SEKOLAH MENENGAH.
A .PENGERTIAN
perkembangan merupakan cabang
psikologi yang mempelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang
proses perkembangan individu dari mulai masa konsepsi sampai mati. Perkembangan
yang terjadi pada sekolah menengah ssecara sistematis mempunyai arti bahwa
perkembangan yang terjadi adalah perkembangan yang teratur atau tersistem.
Sementara progresif mempunyai arti bahwa perubahan yang terjadi dalam
perkembangan kearah yang lebih baik atau maju dan berkesinambungan.Perkembangan
yang terjadi pada anak sekolah menengah akan lebih kreatif dan cenderung
mencoba hal hal baru yang bersifat membangun skill yang belum dimiliki
sebelumnya, mengembangkan ide ide dari pemikiran.
Menurut Marlow (1988) mendefinisikan
perkembangan sebagai peningkatan keterampilan dan kapasitas anak untuk
berfungsi secara bertahap dan terus menerus.
B .PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
– Perkembangan proses yang tidak
pernah berhenti
– Semua aspek perkembangan saling
mempengaruhi
– perkembangan
mengikuti pola dan arah tertentu dan terjadi dalam tempo berlainan
– Perkembangan
terjadi dalam tempo berlainan
– Setiap fase perkembangan mempunyai
ciri khas
– Setiap individu yang normal
mengalami fase perkembangan
C.PENDEKATAN
Pendekatan belajar atau lingkungan
Perubahan tingkah lagu karena proses pengkondisian dan pembelajaran,
Skinner membagi dua
- Respondent Behavior : adanya tingkah laku karena reflek akibat adanya rangsangan dapat berupa respon fisik dan respon emosional.
- Operand Behavior : tingka laku sukarela krena dampak atau konsekuensi. Yang baik menyenangkan akan cenderung diulang dn yan tidak menyenangkan ditinggal.
. Pendekatan etologi
Tingkah laku muncul karena bawaan
(genetis)
D.TAHAPAN PERKEMBANGAN
– Menghalami
perubahan fisik dan psikis
– Perubahan
proporsi fisik dan psikis
_ perubahan
pola pikir
_perubahan cara
pandang terhadap sesuatu
perkembangan masa remaja (Sekolah menengah)
Menurut Wiliam Kay
– Menerima
fisiknya sendiri berikut keragaman kualitasnya
– Mencapai
kemandirian emosional
– Belajar bergaul secara individula dan kelompok (komunikasi minterpersonal)
– Menemukan idola
– Menerima
keadaan dirinya dan percaya diri
– Memperkuat
pengendalian diri
– Mampu
meninggalkan sifat kekanak-kanakan
Komentar
Posting Komentar