Konsep perkembangan peserta didik dalam konteks pendidikan




TUGAS I
Sabtu / 17 Maret 2018






Nama : NURUL HIKNI
NIM : E1B017048
Alamat Email : nurulhikni884@gmail.com
Alamat Blog : nurulhikni1717.blogspot.com
Nomor HP : 081907816711
































 KONSEP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DALAM KONTEKS PENDDIDIKAN.
PERKEMBANGAN
Menurut Santrok dan Yussen (1992), perkembangan adalah pola gerakan atau perubahan.
Isu-isu yang ditelaah tentang perkembangan; Nature dan nurture, yang mempertanyakan tentang penyebab atau sumber terjadinya perubahan dalam perkembangan itu dibawa sejak lahir atau karena pengaruh lingkungan. perkembangan membicarakan tentang perkembangan itu didasari oleh proses internal biologis yang terjadi secara umum dan bahwa perkembangan berlangsung dari suatu langkah ke langkah berikutnya (normatif) atau berpusat pada seorang individu anak yang berbeda dari anak lainnya (Vasta, 1992).

PESERTA DIDIK
Peserta Didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui proses pendidikan pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu. (UU No. 20 Tahun 2003 SISIDIKNAS, pasal 1 ayat 4)
Seseorang yang bersifat terdidik itu pasti akan mengalami perubahan baik itu anak kecil maupun orang dewasa. Kita dapat melihat terjadinya perubahan pada anak anak yang di mulai dari mereka belum bisa berbicara , orangtuanya akan senantiasa membimbing,mendidik hingga mereka bisa berbicara. seiring berjalanya waktu sudah tiba waktunya untuk mereka menempuh sekolah dasar dimana mereka memulai pendidikan pertamanya jika mereka aktif belajar dan aktif di kelas dan mempunyai mental yang bagus maka maenset kecerdasan tertanam pada diri mereka dan terbiasa untuk mencari tau apa yang belum mereka mengerti dan pahami sampai mereka kejenjang perguruan tinggi dan itu merupakan salah satu perkembangan yang di alami peserta didik. Apabila sebaliknya seorang anak yang mentalnya belum terasah dengan tidak mau bertanya dikelas atau berbicara terkait dengan apa yang belum ia mengerti itu artinya anak ini bisa dikatakan belum ada perkembangan yang terjadi atau tingkat kepercayaan dirinya rendah.
Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan peserta didik adalah bagian dari pengkajian dan penerapan psikologi perkembangan yang secara khusus mempelajarai aspek-aspek perkembangan individu yang berada pada tahap usia sekolah dan  sekolah menengah. Sebagai individu yang tengah tumbuh dan berkembang. Perkembangan peserta didik adalah sesuatu yang dirasa berbeda yang dapat dilihat secara langsung yang terdapat pada mahasiswa, misalnya pada seseorang yang mulanya adalah sosok yang pendiam namun karena seiring proses pembelajaran berlangsung dan adanya interaksi dengan temannya dia mulai percaya diri dan bergaul bersama teman – temannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

perkembangan fisik, perkembangan intelektual, perkembangan Emosi, perkembangan sosial dan moral pada anak Sekolah Dasar

Faktor faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik dalam stuan pendidikan sekolah dasar