Konsep perkembangan peserta didik dalam konteks pendidikan
TUGAS I
Sabtu / 17
Maret 2018
Nama : NURUL HIKNI
NIM : E1B017048
Alamat Email : nurulhikni884@gmail.com
Alamat Blog : nurulhikni1717.blogspot.com
Nomor HP : 081907816711
KONSEP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DALAM
KONTEKS PENDDIDIKAN.
PERKEMBANGAN
Menurut
Santrok dan Yussen (1992), perkembangan adalah pola gerakan atau perubahan.
Isu-isu yang ditelaah tentang
perkembangan; Nature dan nurture, yang mempertanyakan tentang penyebab atau
sumber terjadinya perubahan dalam perkembangan itu dibawa sejak lahir atau
karena pengaruh lingkungan. perkembangan membicarakan tentang perkembangan itu
didasari oleh proses internal biologis yang terjadi secara umum dan bahwa perkembangan
berlangsung dari suatu langkah ke langkah berikutnya (normatif) atau berpusat
pada seorang individu anak yang berbeda dari anak lainnya (Vasta, 1992).
PESERTA DIDIK
Peserta
Didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui
proses pendidikan pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu. (UU No. 20
Tahun 2003 SISIDIKNAS, pasal 1 ayat 4)
Seseorang
yang bersifat terdidik itu pasti akan mengalami perubahan baik itu anak kecil
maupun orang dewasa. Kita dapat melihat terjadinya perubahan pada anak anak
yang di mulai dari mereka belum bisa berbicara , orangtuanya akan senantiasa
membimbing,mendidik hingga mereka bisa berbicara. seiring berjalanya waktu
sudah tiba waktunya untuk mereka menempuh sekolah dasar dimana mereka memulai
pendidikan pertamanya jika mereka aktif belajar dan aktif di kelas dan
mempunyai mental yang bagus maka maenset kecerdasan tertanam pada diri mereka
dan terbiasa untuk mencari tau apa yang belum mereka mengerti dan pahami sampai
mereka kejenjang perguruan tinggi dan itu merupakan salah satu perkembangan
yang di alami peserta didik. Apabila sebaliknya seorang anak yang mentalnya
belum terasah dengan tidak mau bertanya dikelas atau berbicara terkait dengan
apa yang belum ia mengerti itu artinya anak ini bisa dikatakan belum ada
perkembangan yang terjadi atau tingkat kepercayaan dirinya rendah.
Jadi
dapat disimpulkan bahwa perkembangan peserta didik adalah bagian dari
pengkajian dan penerapan psikologi perkembangan yang secara khusus mempelajarai
aspek-aspek perkembangan individu yang berada pada tahap usia sekolah dan sekolah menengah. Sebagai individu yang tengah
tumbuh dan berkembang. Perkembangan peserta didik adalah sesuatu yang dirasa
berbeda yang dapat dilihat secara langsung yang terdapat pada mahasiswa, misalnya
pada seseorang yang mulanya adalah sosok yang pendiam namun karena seiring
proses pembelajaran berlangsung dan adanya interaksi dengan temannya dia mulai
percaya diri dan bergaul bersama teman – temannya.
Komentar
Posting Komentar